selamat datang di blog ku sobat,,, terima kasih telah berkunjung....
untuk kemajuan blog ini, tolongFOLLOW blog ini di kotak yang telah disediakan ( di bawah kotak Pencarian "Cari disini" ),,, -->FOLLOW<--

iwan fals - Entah (vers.jadul)

Lagu Bung Karno


Kapanlagi.com - Diam-diam perjalanan tur di daerah Jawa beberapa waktu lalu menimbulkan kesan mendalam di diri penyanyi Iwan Fals terutama saat bertandang ke sejumlah pondok pesantren. Sehingga dibuatlah lagu yang menceritakan mengenai pondok, Pondokku. Hal tersebut dibenarkan Iwan kala dijumpai usai konser Keseimbangan Bumi League Bumi Kita di kampus IKJ.

"Ya, itu baru banget, belum ada kasetnya. Lagu Bung Karno juga baru. Kedua lagu itu waktu saya tur di daerah Jawa dan saya mampir ke daerah Blitar lalu dapat lagu Bung Karno. Kemudian diajak Satro ke pesantren-pesantren. Dan kehidupan di sana luar biasa," kata Iwan.
"Bayangkan anak usia 13 tahun dari seluruh Indonesia berkumpul dan sekamar. Interaksi awal selama tiga bulan pertama luar biasa karena dengan bahasa yang beda, kebiasaan yang beda namun mereka tiba-tiba tanpa diajari tahu mengenai budaya temannya, tahu bagaimana hubungan dengan orang lain. Itu yang buat saya terkesima lalu saya buat Pondokku," urainya panjang lebar, Jumat (27/8) malam.

Diakui juga bahwa sebenarnya proses pengerjaan lagu sudah cukup lama dan saat itu dirinya menyambangi sekitar 9 hingga 12 pesantren. Iwan mengaku semua pesantren memiliki kesan yang sama walau ciri dari masing-masing pondok yang membedakan.

"Enggak ada yang paling berkesan. Semua sama. Hanya mereka punya kekhasan masing-masing," sambungnya.

Lantas mengapa kedua lagu tersebut jauh dari musik balada? Iwan tersenyum sejenak. "Justru yang berat yang ringan-ringan itu. Saya nggak mau dikotak-kotakkan begitu. Ya, ngalir begitu aja," tutupnya. (kpl/dis/boo)

Lihat Foto Iwan Fals di Institut Kesenian Jakarta

blogger: much agung saputra

0 komentar:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar

comment to FB